SELAMAT DATANG DI BLOG SAYA

Senin, 07 Januari 2013

Yuk, Belajar Shuffle Dance!

Eh, belakangan ini, Nesi sering mendengar lagu berjudul Party Rock Anthem dari LMFAO. Baik itu di radio maupun di tempat umum.
Tidak hanya lagunya yang ramai terdengar, gerakan-gerakan di video klip itu pun ikut menjadi tren. Gerakan itulah yang disebut Shuffle Dance.
Ah, shuffle dance,  sihirnya memang luar biasa, memikat orang-orang untuk mendalami seni gerakan tarian yang dibawa dari Australia.
Sejarah Shuffle Dance
Shuffle dance  mulai dikenal awal tahun 1980-an. Gerakan tari ini berkembang dengan pesat di Kota Melbourne, Australia. Tarian ini muncul setelah tarian hiphop dan breakdance  lebih dulu terkenal.
Beberapa kumpulan penari yang tidak bisa menari hiphop maupun breakdance , menciptakan gerakan sendiri dan dikenal sebagai Shuffle Dance.
Para penari shuffle  memadukan gerakan dengan alunan musik yang berirama hiphop tapi ritmenya sedikit lebih pelan dan tidak terlalu cepat.
Virus shuffle dance menjamur di dunia enggak terkecuali Indonesia. Gimana tarian ini enggak diminati sama anak-anak dan remaja, soalnya banyak ritme lagu-lagu yang bisa diikuti dengan gerakan tarian shuffle. 
Aneka Gaya
Mau belajar shuffle dance?  Pelajari dulu, yuk, gerakan-gerakan dasarnya. Dua gerakan yang paling dasar adalah running man dan T step . Running man  ini berupa dua langkah jalan ditempat tapi enggak maju-maju.
Nah, T step  adalah gerakan shuffle  itu sendiri yang terbagi menjadi beberapa jenis.
Ada Hard style,  yang kalau menari kakinya diangkat lebih tinggi seperti menghentakkan kaki. Lain lagi dengan Old style  yang katanya asli gaya Melbourne shuffle.
Gerakan ini tidak buru-buru, banyak T step  dan lebih seperti flooping (gerakan seperti meluncur).
Lalu ada gerakan Mas atau Malaysian Style , gerakannya seperti running man , tetapi hanya satu langkah. Mereka menggunakan badan yang didorong ke depan dan mengayun.
Ikutan Shuffle , yuk!
Enggak ada salahnya mencoba kegiatan baru, seperti les shuffle dance ! Nesi sudah mendatangi salah satu tempat les bernama Mumos, yang terletak di daerah Bintaro Jaya, Jakarta Selatan.
Shuffle Dance
Cewek-cewek ini juga suka shuffle dance. Foto: Riomanadona
Saat Nesi berkunjung, ada beberapa anak yang ikut berlatih bersama Kak Uca.
Seru sekali melihat mereka menari. Gerina (14), misalnya, cewek yang satu ini sudah hampir 3 bulan ikut les.
 "Aku senang banget gerakan shuffle,  seperti permainan kaki dan unik," cerita Gerina yang memberanikan ikut les setelah melihat saudara sepupunya menunjukkan shuffle dance.
Menurut Kak Uca yang melatih tarian ini di Mumos, supaya bisa melakukan gerakan dasar shuffle  membutuhkan waktu kurang lebih 2-3 minggu.
"Pada les shuffle, peserta diajarkan gerakan dasar dulu seperti, running man , T-Step  dan lainnya. Setelah itu baru bisa ke gerakan yang lebih rumit," ujar Kak Uca.
Selain lewat les, sebenarnya kita juga bisa belajar melalui internet (You Tube)  atau ikut komunitas shuffle dance  yang ada di seputar daerah restoran cepat saji terkenal yang ada di Bintaro sektor 9, Jakarta.
Komunitas Shuffle  ini berkumpul di setiap hari Rabu dan Jumat pukul 7 malam. Nah, saat itulah, mereka saling memperlihatkan kelihaian dalam memainkan shuffle dance.
Semua adu kebolehan, baik itu gerakan kaki, tangan, kepala juga bagian tubuh lainnya. Tertarik ikut shuffle dance ? (Annisa/Ervina/Kidnesia)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar